Senin, 13 Oktober 2014

Membuat Daftar Isi Otomatis Di. MS Office Word 2007

Membuat daftar isi untuk tugas-tugas sekolah maupun kuliah merupakan salah satu hal yang penting untuk menujukkan keprofesinalan kita dalam membuat naskah. Banyak dari  kita masih menggunakan cara lama untuk membuat daftar isi tersebut. Namun dalam ms.office word sudah disediakan fitur-fitur untuk membuat daftar isi otomatis. seperti yang dijelaskan dalam video ini, silahkan di tonton dan ptaktikan semoga bermanfaat.



Tutorial di atas sengaja saya buat untuk peserta pelatihan Ms.Office di Kelurahan Taba Baru Lubuklinggau. Sewaktu saya ngisi pelatihan disana. Ketika saya mau memberikan slide powerpoint yang sudah saya siapkan ternyata slide tersebut sudah terhapus dari komputer saya. Jadi saya buat aja video agar lebih menarik mempelajarinya. Tapi semua boleh kok untuk mempelajarinya.

Senin, 06 Oktober 2014

1000% Sukses ! Membuat Dokumen Baru di Ms. Word 2013

Assalammualaikum waroh matullahi wabarokatuh,
Haey gaes, masih tetap semangat ya untuk terus beribadah dan belajar. Semoga Allah selalu memudahkan kamu semua menuju jalan dan pentunjukNya. Baik AyoGenius kali ini akan membagikan cara menyimpan dokumen di Ms.Word 2013. Mungkin udah banya yang tau ya tapi gak ada salahnya kan kalo AyoGenius berbagi ilmu yang sidikit ini..
Yukk langsung aja kita mulai, langkah yang pertama adalah membaca Basmallah agar apa yang kita pelajari mendapat berkah dari Allah SWT. Aamiiin
Bismillahirrohmannirrohim
Selanjutnya buka Sotfware Ms. Word 2013 yang ada di komputer kamu dengan cara Double Klik shortcutnya, seperti gambar dibawah ini.


Kalo udah diklik selanjutnya akan tampil pilihan dokumen yang ingin dibuat, silah di pilih yaa.. seperti gambar dibawah ini. 


Disini ane pilih yang Blank document, klik Blank dokument selanjutnya muncul deh lembar kerja baru atao dokumen baru seperti di bawah ini.



Selanjutnya mulai deh mengerjakan apa yang diinginkan..
Gimana Gampang kan, gak pake ribet loh…. SUKSES BANGET DEH POKOKNYA
Baik karena udah berhasil sekarang kita akhiri pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah
Alhamdulillahhirobbil’alamin
Nantikan tutorial selanjutnya yaa,
Wassalammu’alaikum waroh matullahi wabarokatuh


Rabu, 11 Desember 2013

Jumat, 06 Desember 2013

Kewirausahaan

Pengertian/Definisi Wirausaha
Pengertian dan Penggunaan istilah wirausaha sama dengan wiraswasta. Wirausaha dalam bahasa asing disebut Entrepreneur, kewirausahaan disebut Entrepreneurship. Pengertian wirausaha = wiraswasta = Saudagar, wiraswasta berasal dari kata Wira yang berarti manusia unggul, pahlawan, teladan, berbudi luhur, berani, pahlawan, berjiwabesar. Swa artinya sendiri dan Sta artinya berdiri sedangkan saudagar berasal dari kata Sau yang berarti seribu ; dagar artinya akal. Jadi pengertian wirausaha = wiraswasta :
1.       Menurut Wasty Soemanto wiraswasta adalah keberanian, keutamaan serta keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri.
2.       Menurut Daued Yoesoef menyatakan bahwa wiraswasta adalah ;
1.       Memimpin usaha baik secara teknis atau ekonomis dengan berbagai aspek fungsional ;
·         Memiliki dipadang dari sudut permodalan (owner)
·         Memanage (manager)
·         Menanggung resiko.
·         Pelopor usaha artinya menciptakan sesuatu yang new and different
·         Innovative, imitator
2.       Membawa keuntungan uang maksimal
3.       Membawa usaha kearah kemajuan perluasan, pengembangan melalui jalan kepemimpinan ekonomi.
Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah

Kamis, 05 Desember 2013

PEMBENTUKAN "TREE"

Berikut adalah video tentang pembentukan TREE  
semoga bermanfaat , saya jadikan video agar lebih asik dalam mempelajari tree dalam "struktur data"





lansung donlot aje

Rabu, 13 November 2013

konsep sistem informasi

matakuliah konsep sistem informasi :
sasaran kuliah
Mahasiswa mampu memahami konsep tentang

   sistem, pengertian data / informasi, nilai dan kegunaan/manfaat informasi, karakteristik sistem informasi, komponen sistem informasi, sistem pengendalian intern, keterbatasan sistem informasi, pengguna dan konsep daur hidup sistem.  Pengembangan Sistem Informasi dan Desain Sistem Informasi .
Konsep Dasar Sistem
 
  Sistem : kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu        tujuan tertentu.
Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh suatu sistem, yaitu:
• Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan suatu tujuan.
• Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.
• Adanya hubungan diantara elemen sistem.
• Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi, dan material) lebih penting daripada elemen sistem.

karakteristik sistem :
Memiliki komponen
Batas sistem (boundary)
Lingkungan luar sistem (environment)
Penghubung sistem (interface)
Masukan sistem (input)
Keluaran sistem (Output)
Pengolah sistem (Process)
Sasaran sistem


untuk selenkapnya langsung donlot aj yah

Selasa, 12 November 2013

Teori Organisasi Umun

A.   PERANCANGAN STRUKTUR ORGANISASI

Sebelum kita membahas tentang Perancangan Struktur Organisasi, kita membahas  pengertian umum organisasi terlebih dahulu Organisasi (YUNANI):ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. 

Kita membahas satu persatu dari makna Perancangan struktur organisasi. Kata Perancangan sering disamaartikan dengan fungsi perencanaan dalam keilmuan manajemen secara umum yang juga dapat diartikan sebagai desain atau suatu kegiatan merancang suatu hal. Hal ini memang tidak salah. Namun dalam perancangan organisasi akan lebih detail dijelaskan bagaimana strategi spesifik mengenai langkah-langkah agar organisasi terbentuk. Secara spesifik perancangan adalah sebuah usaha formal, proses yang terarah untuk mengintegrasikan manusia, informasi dan teknologi dalam sebuah organisasi. Perancangan struktur  organisasi di gunakan untuk mempertemukan bentuk organisasi yang sedekat mungkin dengan tujuan yang ingin diraih oleh organisasi. Melalui desain proses, aktivitas organisasi untuk meningkatkan kemungkinan dari usaha bersama seluruh anggota organisasi mencapai kesuksesan.
Sementara kata Struktur dalam  organisasi  dapat didefinisikan  sebagai mekanisme  formal di mana organisasi dikelola. Struktur organisasi  menunjukan kerangka  dan susunan  perwujudan  pola tetap hubungan–hubungan diantara fungsi-fungsi, bagian-bagian atau posisi-posisi maupun orang-orang yang  menunjukan kedudukan tugas dan wewenang  dan tanggung jawab yang berbeda-beda dalam suatu organisasi. Struktur ini mengandung   unsur-unsur spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau disentralisasi dalam pembuatan keputusan  dan besaran (ukuran)  satuankerja.

1. Sedangkan unsur-unsur  struktur organisasi  terdiri dari:
1.       Spesialisasi kegiatan  berkenaan  dengan spesifikasi  tugas-tugas  individual  dan kelompok kerja  dalam organisasi  (pembagian kerja)  dan penyatuan  tugas-tugas   tersebut menjadi   satuan-satuan kerja   (departementalisasi)
2.       Standarisasi  kegiatan, merupakan  prosedur-prosedur  yang digunakan  organisasi  untukmenjamin  terlaksananya  kegiatan seperti  yang direncanakan .
3.       Koordinasi  kegiatan  menunjukan  prosedur-prosedur  yangmengintegrasikan  fungsi-fungsi satuan-satuan  kerja dalam  organisasi .
4.       Sentralisasi dan desentralisasi  pembuatan keputusan  yangmenunjukan lokasi  (letak)  kekuasaan pembuatan  keputusan.
5.       Ukuran satuan kerja menunjukan  jumlah karyawan  dalam suatu  kelompok kerja.
      Struktur organisasi dibuat agar tanggung jawab, wewenang, peran dan fungsi masing-masing organisasi jelas sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan teratur lancar dan sesuai keinginan perusahaan
         Sementara  kata  Organisasi , organisasi juga membutuhkan lebih dari beberapa orang didalamnya untuk menjalankan sebuah organisasi, dimana didalam organisasi terdapat ketua organisasi, wakil organisasi , sekretaris , bendahara, dan anggota . Tujuan yang dicapai tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri atau  secara individual. Sehingga membentukalah organisasi. Organisasi juga Berasal dari kata dasar organ. Arti harfiahnya dalam istilah biologi kurang lebih berarti sekumpulan jaringan yang membentuk satu kesatuan dimana dapat melakukan fungsi tertentu secara independen. Kata organmendapat imbuhan ’isasi’. Sehingga bisa diartikan sebagai proses dan sekumpulan aktivitas. Mengenai jumlah orang dalam organisasi, dalam hal ini tidak dibatasi. Perancangan organisasi yang akan dibahas di sini bersifat umum dan bisa diterapkan dalam jenis organisasi apa saja dan jumlah orangnya berapa saja. Mulai dari organisasi kampus, sosial kemasyarakatan, industri rumah tangga dan organisasi perusahaan, serta sebuah partai politik.
         Jadi  Perancangan Struktur Organisasi adalah