Rabu, 28 Oktober 2015

Ala Bisa Karena Biasa.

Ala bisa karena biasa. Hmm? kalimat inilah yang sering diucapkan orangtua, guru, dosen bahkan anak-anak muda sekalipun. Biasanya kalimat ini digunakan untuk memberikan motivasi atau masukan kepada orang yang sedang terpuruk dalam kegagalan, kemalasan, dan ketidak sanggupan dan lain-lain. Sebagai muslim kita harus menerapkan kalimat "Ala Bisa Karena Biasa" sebagai contoh ketika kita ingin mengubah penampilan diri yang awalnya berantakkan karena malas untuk merapikan diri, maka langkah awal yang kita lakukan adalah biasakan dulu untuk merapikan diri seperti sisir rambut secara rutin, jika sebelumnya kita jarang bahkan gak pernah menyisir rambut maka lama kelamaan jika kebiasaan baik ini terus kita lakukan ketika kita tidak melakukannya berasa ada yang kurang dalam diri kita. Mengapa?
ya, karena ini sudah jadi kebiasaan.
Banyak orang yang menilai orang lain ngelihat dari penampilan, walaupun ada istilah "jangan menilai orang dari sampulnya". Sudah hukum alam jika kita dinilai dari penampilan kita, kalo saja penampilan kita yang berantakkan terus -terusan dijadiin kebiasaan maka banyak orang-orang terdekat kita akan menjauhi kita karena sudah gak ngrasa nyaman lagi berada didekat kita. Mau tampan atau jelek itu sudah Qodo nya ALLAH jadi tenang aja gak akan mendapat dosa kok. Nahh. untuk masalah penampilannya itu ada ditangan kita, mau tampil kece atau berantakkan itu semua urusan kita. Masalahnya adalah untuk mendapat penampilan yang oke gimana caranya. Nah "caranya" inilah yang nanti akan dihisab oleh ALLAH. Sebagai contoh deh, mau tampil keren beli celana jeans terbaru yang harganya Wouew, udah bosan dengan celananya, lalu dilobangi bagian lututnya atau tempat-tempat strategis iklan kalee biar tambah keren. Celana yang tadinya mahal, terus menutup aurat eh malah dilobangi. Perbuatan seperti ini lah yang akan dihisab oleh ALLAH. Niatnya mau tampil OKE,, malah berantakkan. Kebiasaan seperti ini adalah kebiasaan yang gak perlu dibiasakan yaaa. hhhehhehe
Itu untuk masalah penampilan bro, sekarang gimana untuk soal ibadah? udah dibiasain belom? Klo belom hayok kita biasain,, mulai dari sholatnya kemudian puasanya, sedekahnya dan lain-lain pokoknya banyak deh gak kurang-kurang kok ALLAH memberikan kita kemudahan untuk ibadah, bahkan tersenyum ikhlas kepada orang saja udah dihitung ibadah. Tuuh ! kurang apa lagi coba. Kalo kita susah bangun pagi untuk sholat subuh, dibiasakan lah bangun pagi caranya gimana, nyalain alarmnya yang ada hape, klo hapenya ada alarm yang gak punya hape ngomong aja sama orang tua ato sodaranya mintak beliin hape, hehhhe gak yah becanda, maksudnya mintak dibangunin pagi untuk sholat subuh. Klo sekeluarga gak pernah bangun pagi, gimana? Kembali kepada diri kita sendiri sebelum tidur niatkan untuk bangun pagi sholat subuh, yakin daaaah kalo diniatin bener-bener bakalan bangun kok sholat subuh. Kalo ALLAH masih kasih izin untuk bangun ngeliat dunia besok pagi. Amiiiiinn. Ini hanya segelintir contoh ya sebenernya masih banyak contoh yang lain, ya mungkin bro en' sis udah pada ngalamin sendirilah. Nah intinya itu kebiasaan baik harus terus dibiasain, kebiasaan buruk harus kita ting... tinggalin.
Waktu itu terus berjalan bro, maka dari itu Ayoo jangan sampai kehabisan !

Sekian dulu yah, semoga manfaat

2 komentar: